Agen Sbobet

10 Cara Membuat Motor Matic Kencang (Tanpa Bore Up)



Untuk anda yang ingin meningkatkan tenaga motor matik anda supaya lebih kencang dibandingkan dengan motor standar lainnya, berikut ini adalah bebarapa tips aman, dan tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam serta tanpa perlu melakukan bore up. Yaitu caranya dengan melakukan setting serta sedikit penggantian pada bagian beberapa komponen motor matic.

Cara untuk mengubah motor matik anda menjadi lebih cepat tanpa melakukan bore up anda harus melakukan cara berikut, untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya:

1. Pakai Roller Yang Lebih Ringan

Dengan mengurangi bobot roller hal tersebut merupakan upaya untuk menyelaraskan setingan atyyau upgrage performa non bore-up yang susah dibuat. Tetapi jangan terlalu banyak saat menurunkan bobot rollernya, yaitu hanya cukup 2 gram dari roller bawaan motor atau pabrikan motor matik.

2. Pakai Noken AS Racing

Untuk menyelesaikan pada hal tersebut maka langkah yang paling simpel ialah dengan mengganti noken as standar pabrik atau dealer dengan part racing. Hal tersebut dapat diterapkan untuk yang menggunakan sepeda motor matik Yamaha Mio.
Dan sedangkan untuk pengguna sepeda motor Honda BeAT, langkahnya hanya menyetel ulang kerenggangan pada katup atau klep. Dengan memakai fuller gauge, caranya setting ulang klep inlet pada kisaran angka 0,15-0,20 mm serta pada bagian exhaust dibuat rapat kisaran 0,07-0,1 mm.

3. Lakukan Porting Pada Bagian Exhaust

Saat masih pada kondisi standar, dinding di lubang inlet atau lubang exhaust teksturnya jika dilihat seperti kulit jeruk. Dan kebanyakan mekanik menganggap  hal tersebut adalah sebagai penghalang dan baik itu jalur masuknya gas ataupun keluarnya gas.
Padahal pendapat tersebut ialah keliru karena agar performa motor maksimum, inlet yang teksturnya seperti kulit jeruk tersebut jangan dibuang, sebab bisa mempengaruhi proses percampuran BBM dengan udara.

Maka yang perlu dihaluskan adalah di bagian exhaustnya saja, agar proses pengeluaran dari hasil pembakaran bahan bakar menjadi lebih lancar. Maka mestinya pada bagian exhaus tersebut haruslah dibuat halus dan juga rata.

Dan untuk langkah dan juga proses penghalusan dan perapatannya harus dilakukan dengan teknik porting dengan memakai alat seperti cuner dan menghaluskannya memakai amplas.

4. Penyesuaian Pada Knalpot

Cara untuk mengupgrade performa motor matik dengan metode non bore-up tidak harus memakai knalpot racing. Dan tetapi alangkah baiknya agar pembuangannya lebih lancar maka untuk knalpot bawaan motor tersebut harus  dimodigikasi.
Jika anda tidak ingin knalpot asli bawaan dari pabrik yang di otak-atik, maka bisa juga dilakukan dengan ganti knalpot aftermarket yang banyak dipasaran biasanya dengan sebutan standar bobok.

5. Setting Ulang Spuyer
Cara untuk menyering ulang spuyer maka tergantung dengan keinginan para pemilik motor matik itu sendiri. Jika anda memang masih ingin mempertahankan pemakaian filter udara, maka lakukanlah seting spuyernya agar dibuat kering.
Dan  tetapi jika anda ingin open filter, maka untuk perbandingan spuyernya dibikin basah. Karena untuk masalah berapa ukuran spuyernya, musti trial and error. Dan tidak bisa 1 perbandingan main jet dan juga pilot jet, dapat dipakai pada semua motor matik.

6. Naikan Rasio Kompresi

Selanjutnya cara untuk menikan rasio dan kompresi pada motor matik bisa mengakibatkan power mesin meningkat. Pada saat gas dibuka penignkatan mesin motor matik dengan perbandingan kompresinya ditingkatkan supaya terasa dari RPM bawah sampai dengan RPM atas. Untuk jenis motor matik Yamaha Mio yang bentuk pistonnya cekung, cara untuk menaikan kompresinya dapat dengan melakukan papas pada silinder head.
Untuk papas head tidak perlu banyak-banyak untuk jenis skutik, untuk pemakaian hariannya cukup 1 sampai dengan  1,5 mm saja. Sedangkan untuk  motor Honda BeAT, cara untuk menaikan rasio kompersiya bisa dengan cara mengganti piston. Caranya cukup hanya dengan mengaplikasikan piston Honda Vario yang lebih jenong.

7. Mengganti CDI

Untuk langkah yang satu ini khusus motor matic seperti Honda BeAT, karena motor memiliki batas limit dan tandanya pada saat top speed tiba-tiba motor nembak, sedangkan untuk Yamaha mio tidak terjadi limit, caranya dengan membeli CDI racing yang cukup banyak tersedia di pasaran.

8. Mengganjal Ring piston (Seher)

Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan akselerasi putaran bawah, caranya dengan menambah ring seher atau piston pada per CVT bagian belakan, satu sampai dua buah saja.

9. Cuner Rumah Roler

Cara tersebut dilakukan dengan menggunakan cuner, dengan cara dibuat landai dan untuk menghaluskannya memakai amplas, hal tersebut untuk mendapatkan nafas motor yang lebih panjang.

10. Mengganti Gigi Rasio
Jika motor anda masih setandar atau bawaan dealer cara tersebut tidak disarankan karena bukannya motor anda kencang tetapi malah berat, kecuali sudah di bore up motor matic anda.


Previous
Next Post »
Situs Sbobet